Minggu, 20 Desember 2015

Istimewanya Tenun Sambas Kalimantan Barat



Hasil gambar untuk tenun ikat sambasSelain kain tenun songket yang terkenal, kai tenun sambas yang suda ada sejak 1675 Masehi ini masih bertahan. Hal ini menunjukan betapa istimewanya kain tenun ini sehingga masih dapat bertahan dan bersaing dengan kain-kain tenun lainya yang berada di Indonesia. Kain tenun yang telah berusia lebih dari 300 tahun ini masih terjaga kelestariannya dari nenek moyang secara turun menurun.

Biasanya masyarakat setempat menggunakan kain ini sebagai pelengkap pelaksanaan ritual adat, hari-hari besar nasional dan perkawinan. Dapat dikatakan bahwa kain tenunan ini sebagai teman untuk mengarungi hidup. 

Ciri khas dari tenunan sambas ialah pucuk rebung atau yang biasa dikenal dengan suji bilang sebagai motifnya. Terdapat tiga makna dari penggunaan motif ini yaitu sebagai pengingat agar masyarakat samba tarus maju, senantiasa berpikir lurus dan ketika telah mencapai kejayaan tak boleh sombong dan senantiasa merunduk seperti pohon bambu.

Berikut jenis-jenis kain tenun samba:

1.      Kain rantai emas
2.      Kain sabuk bintang timur
3.      Kain sabuk rantai berbintang
4.      Kain mahkota berawan
5.      Kain telur bunga cangkring

Tenun sa,ba diggunakan untuk mewarisi nilai-nilai budaya sehingga dapat menjadi landasan generasi penerusnya untuk hidup membangun kebudayaan masyarakat yang lebih baik lagi. Untuk itu kita sebagai penerus bangsa yang selanjutnya seyogyanya untuk ikut terus melestarikannya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar