Minggu, 20 Desember 2015

Sejarah Alat Musik Tradisional Sasando



Hasil gambar untuk sasandoSasandu atau yang biasa disebut sasando ialah alat musik berdawai yang dimainkan dengan dipetik mengguanakan jari-jemari tangan. Alat tradisional dari Rote ini  berbentuk sederhana dan memiliki tabung berbentuk panjang dari bambu dan bagian tengah melingkar dari atas ke bawah penyangga. Senar-senar yang teretang ditabung bambu. Penyangga ini dapat  menghasilkan nada-nada yang berbeda pada setiap petikannya sedangkan wadahnya berfungsi untuk meresonansi sasando berupa anyaman lontar.

Sasando sudah digunakan masyarakat sekitar abad ke 7. Pada akhir abad ke 18 alat musik tradisional ini mulai berkembang dari sasando gong menjadi sasando biola. Sasando biola mempunyai tangga nada diatonis dan berbentuk mirip sasando gong tetapi bambunya lebih besar. Dengan jumlah tangga nada 30 sampai 36 dawai. Terdapat dua bentuk sasando biola yaitu sasando yang terbuat dari daun lontar dan sasando yang terbuat dari kau maupun multiplex. 

Sasando listrik atau elektrik termasuk dalam salah satu jenis sasando biola yang mengalami pekembangan. Alat yang paling penting pada sasando elektrik adalah spul  atau pickup  yang merupakan sebuah transducer  yang dapat  merubah getar dawai menjadi energi listrik kemudian diteruskan melalui kabel dan masuk kedalam amplifier.


http://bhina.co.id/lowongan-kerja-holcim-cilacap-2015

1 komentar: