Senin, 21 Desember 2015

Mengenal Tari Pendet dari Bali



Hasil gambar untuk tari pendetTari pendet yang merupakan tari pemujaan kepada dewa yang banyak diperagakan di tempat beribadat umat hindu dan pura di bali. Dewasa ini tari pendet lebih sering digunakan sebagai tari penyambutan. 

Tari yang memiliki ciri khas mata yang melotot ke kanan dan kiri ini juga sering digunakan sebagai ajang perlombaan di berbagai daerah untuk menari. Tarian ini mengandung makna yang sedikit sakral dan religius. Umumnya menghadap ke arah suci dengan mengenakan pakaian upacara adat dan masing-masing penari membawa cawan, kendi, sangku dan perlengkapan sesajen lainya.

Tari putri ini memiliki pola gerak yang lenig dinamis dan dibawakan secara berpasangan atau berkelompok. Dengan dirubahnya tarian skral dalam ritual keagamaan  ini menjadi tarian yang dapat dipentaskan didepan penonton oleng sang maestro I Wayan Rindi. Karena tidak memerlukan latiha yang intensif membuat tarian ini populer diantara tarian lainya. 
Hasil gambar untuk tari pendet 
Tarian tradisional bali ini umumnya dibawakan oleh beberapa orang atau sekelompok remaja putri yang menarikannya membawa mangkuk dari perak yang didalamnya berisi bunga penuh. Pada akhir pertunjukan bunga-bunga tersebut akan ditaburkan oleh para penari kepada para penonton sebagai upacara penyambutan atau selamat datang.


http://dbagus.com/berbagai-makanan-khas-indonesia-yang-mendunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar